Ad Unit (Iklan) BIG

Olahraga Untuk Mencegah Penyakit Hernia

Gejala hernia.

Hernia yang terjadi pada pangkal paha adalah disebabkan oleh keluarnya organ tubuh yang ada di dalam perut. Ciri ciri hernia biasanya ditandai dengan adanya tonjolan. Tonjolan ini berisi usus dan peritoneum. Jika dibiarkan dikhawatirkan akan menyebabkan infeksi. Hernia juga bisa disebabkan oleh otot perut mulai melemah. Penyakit yang juga disebut sebagai penyakit 'turun berok'.

Menurut pemahaman kebanyakan orang hernia hanya dapat disembuhkan melalui operasi, padahal ada juga hernia yang dapat disembuhkan dengan olahraga. Beberapa gerakan badan yang dapat dipakai untuk mengembalikan atau mencegah organ tubuh agar tidak keluar melalui selakangan adalah:

 1.Sarvangasana

Cara melakukan adalah pertama anda berbaring telungkup dengan kedua tangan di sisi tubuh, letakkan telapak tangan agar tetap menempel pada lantai. Yang ke dua naikkan kaki dengan bantuan tangan. Tekuk siku untuk menjaga telapak tangan tetap lurus. Kemudia posisi kaki lurus ke atas sperti pada gerakan lilin pada senam lantai.



2.Supta Vajrasana

Gerakan Supta Vajrasana adalah  dengan menggunakan batuan siku, kepala, dan pundak. Gerakan pertama adalah duduk, kemudian tekuk siku ke belakang dan letakkan kepala di lantai. Saat melakukan gerakan ini, Anda harus membungkuk dan posisi lutut harus ada di lantai. Tutuplah mata anda ketika melakukan gerakan ini dan membiarkan tubuh rileks ketika melakukannya, sehingga Anda bisa mendapatkan hasil terbaik.



3.Halasana

Gerakan pada halasana adalah pertama anda berbaring telentang kemudian tempatkan bokong Anda ke samping. Yang ke dua mengangkat kaki ke atas dan lurus tanpa memberikan tekanan pada tangan. Ke tiga,  gerakkan kaki ke bawah melewati kepala hingga jempol Anda menyentuh lantai.



4.Vipareetkarani Mudra

Gerakannya hampir sama dengan sarvangasana. Tapi dalam ini tubuh dan kaki membentuk sudut 45 derajat, sementara di sarvangasana tubuh dan lutut membentuk sudut 90 derajat.



Beberapa gerakan di atas dapat mnyembuhkan hernia tanpa harus operasi. Agar mendapatkan hasil yang efektif sebaiknya gerakan itu dilakukan setiap hari. Misalnya 3 sampai 5 kali dalam satu minggunya.

Beberapa saran agar penyakit hernia tidak kambuh lagi adalah:

Bagi penderita hernia sebaiknya menjaga agar hernia itu tidak kambuh lagi. Beberapa saran yang dapat dilakukan agar hernia tidak kambuh lagi adalah:

1.       Jangan mengangkat beban berat di atas 10 kg. Mengangkat beban yang berat dapat menyebabkan tekanan pada perut yang dapat menyebabkan hernia kambuh lagi
2.       Hindari makanan yang mengandung kafein ( seperti kopi, minuman bersoda, cokelat dan es krim)
3.       Hindari makanan yang mengandung alcohol
4.       Hindari makanan yang peda termasuk cabai dan lada bubuk
5.       Kontrol berat badan anda. Jika mengalami obesitas segera lakukan diet, olahraga ringan, dan terapkan pola hidup sehat.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter