Ad Unit (Iklan) BIG

Asal Mula Olahraga Panjat Tebing

Sebenarnya panjat tebing itu sudah ada sejak zaman kuno. Aktivitas panjat tebing dilakukan oleh manusia untuk melintasi pegunungan dan perbukitan. Ini dilakukan dalam menjalani perjalanan hidupnya. Dalam sejarah panjat tebing yang pernah tercatat adalah kegiatan dari tentara Kerajaan Carthage, Hanibal, yang dilakukan di pegunungan Alpen di tahun 500 SM. Pegunungan Alpen adalah nama pegunungan besar di Eropa yang membentang dari Austria dan Slovenia di timur, melalui Italia, Swiss, Liechtenstein, dan Jerman, sampai ke Perancis di barat. Namanya mungkin berasal dari bahasa Latin albus (putih) atau altus (tinggi). Gunung tertinggi di Alpen adalah Mont Blanc dengan ketinggian 4.808 m di perbatasan Perancis-Italia. Pegunungan Alphen mempunyai puncak-puncak terjal yang hanya dapat didaki dengan cara panjat tebing. Everest adalah sebuah nama salah satu puncak alpen yang terkenal. Orang yang pertama dapat mendudukinya adalah  Edmunt Hillary dan Tenzing Norgay dalam suatu ekspedisi tahun 1953. Pendakian ini menjadi batu loncatan terbentuknya perkumpulan pendaki gunung tertua di dunia, British Alpine Club pada tahun 1857. Sejak babak baru itu para pendaki semakin sering melakukan pendakian menuju puncak-puncak gunung yang lebih tinggi dan mempunyai tingkat tantangan yang lebih tinggi pula.

Di China petualangan yang dilakukan Jenghis Khan yang melintasi pegunungan Karakoran dan Kaukasus untuk menaklukan Asia Tengah. Atau pendakian Mount Argulle oleh para tentara Perancis pada tahun 1442

Meskipun panjat tebing adalah komponen penting dari gunung Victoria di Pegunungan Alpen, umumnya berpikir bahwa olahraga panjat tebing mulai pada kuartal terakhir abad kesembilan belas di berbagai bagian Eropa. Panjat tebing berevolusi secara bertahap dari kebutuhan alpine untuk kegiatan atletik yang berbeda.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter