Ad Unit (Iklan) BIG

Latihan Kebugaran Untuk Atlet Motocross

1. Alasan Atlet Motocross Harus Melakukan Latihan Kebugaran

Tingkat kebugaran fisik seorang atlet motocross sangat berpengaruh terhadap pencapaian prestasi seorang pembalap motocross. Motocross membutuhkan kombinasi koordinasi, kekuatan, kecepatan dan kelincahan. Untuk membangun kebugaran semacam ini perlu adanya latihan fisik rutin yang dilakukan seminggu dua atau tiga kali yang tujuannya adalah untuk meningkatkan kebugaran dan stamina atlet motocross sehingga setiap melakukan pertandingan atau latihan dapat selalu tampil maksimal.

Latihan kebugaran secara rutin bagi atlet motocross juga dapat menjaga berat badan. Karena seorang atlet motocross harus mempunyai berat badan yang ideal. Umumnya berat badan atlet motocross relatif lebih ringan. Hal ini dilakukan agar dia dapat bergerak lincah saat memacu motornya dan tidak membebani motor dengan kelebihan berat badan sehingga dapat menghambat laju gerak motor yang dikendarainya.

2. Latihan Kebugaran Yang Cocok Untuk Atlet Motocross

Meski terus disibukkan dengan jadwal latihan , Pembalap motocross tetap harus berolahraga, namun olahraga jangan terlalu berat seperti angkat berat, yang penting cukup menjaga kebugaran tubuh. Olahraga kebugaran yang cocok untuk atlet motocross adalah:

  1. Jogging tiap pagi. Olahraga joging tiap pagi dapat meningkatkan kesegaran jasmani. Hal ini karena peredaran darah semakin lancar, dapat meningkatkan kelincahan dan dapat meningkatkan konsentrasi seseorang. Joging tidak harus dilakukan setiap pagi, misalnya satu minggu 3 sampai 5 kali sudah sangat bagus untuk menjaga kebugaran tubuh.
  2. Olahraga peregangan tubuh. Olahraga peregangan sangat bagus bagi atlet motocross karena dapat melemaskan perseidian tubuh. Pengaruh positifnya saat mengendarai motor persendian tubuh mudah digerakkan.
  3. push up, Olahraga push Up dapat meningkatkan kekuatan otot tangan
  4. scout jump untuk memperkuat otot otot tangan dan kaki. 
  5. Khusus pembalap motorcross, harus memiliki otot tangan dan kaki yang lebih kuat. 
  6. Disarankan untuk latihan berguling kedepan, kebelakang, dan samping, ini berguna untuk melatih  agar tubuh lebih tahan terhadap gaya gravitasi yang meningkat pada saat melakukan manuver motor menikung, berakslerasi dan mengerem.

Latihan kebugaran seperti di atas dapat dilakukan di mana saja, misalnya di sekitar rumah, rumah-rumah fitness, atau di lapangan. Jogging akan lebih menyenangkan untuk dilakukan misalnya di jalan-jalan yang tidak jauh dari tempat tinggal kita. Apa lagi jika berpapaan dengan tetangga yang jauh kita dapat bertegur sapa.

Waktu yang terbaik untuk melakukan olahraga kebugaran adalah di pagi hari atau sore hari. Untuk atlet motocross yang selalu di sibukkan dengan latihan atau aktivitas yang lain. Latihan kebugaran lebih baik dilakukan pada pagi hari. Karena sore adalah waktu untuk latihan memacu motor.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter