Ad Unit (Iklan) BIG

Manfaat Pemanasan Sebelum Bermain Sepak Bola

Olahraga permainan sepak bola adalah jenis olahraga yang melibatkan aktivitas yang tinggi. Mulai dari ditiupnya peluit wasit tanda pertandingan dimulai, semua pemain harus bergerak. Entah sedang menggiring  bola atau tidak sedang menggiring bola, semua bergerak untuk melaksanakan kerja sama sesuai  tugas dan posisi masing-masing pemain.  Untuk itu fisik seorang pemain sepak bola harus dipersiapkan dengan baik sebelum melakukan pertandingan sepak bola. Cara periapan fisik sebelum bermain adalah dengan melakukan pemanasan. Ada 4 tujuan melakukan pemanasan sebelum memulai permainan sepak bola, antara lain:
  
1.       Meningkatkan suhu tubuh

Tujuan meningkatkan suhu tubuh adalah untuk melebarkan kapiler pembuluh darah, manfaatnya yaitu  memungkinkan Anda untuk bisa mendapatkan lebih banyak oksigen yang disalurkan ke otot dalam rangka untuk memperoleh energy yang maksimal.

 2.       Meningkatkan detak jantung secara bertahap

Pada saat bermain sepak bola otot membutuhkan oksigen yang lebih banyak dari biasanya. Jantung dituntut untuk berdetak kencang memompa darah yang disalurkan ke setiap otot di bagian anggota tubuh.Untuk menyesuaikannya, maka detak jantung dapat dilatih berdetak cepat dengan cara pemanasan agar pda saat bermain jantung tidak kaget.

3.       Mengurangi resiko cidera

Permainan sepak bola adalah permainan yang keras. Jika sebelumnya tidak pemanasan terlebih dahulu maka resiko yang paling sering adalh cedera. Untuk mengurangi resiko cedera pemanasan yang terbaik adalah mempersiapkan pemanasan dengan melatih kelentukan persendian dan otot-otot tubuh.

4.       Menumbuhkan pola pikir dan mental yang lebih positif

Pemanasan sebelum permainan sepak bola tidak hanya untuk persiapan fisik saja , namun juga untuk mempersiapkan mental  pemain. Dengan pemanasan maka seorang pemain dapat mempersiapkan mental agar dapat berfikir positif dan tidak grogi dalam menghadapi pertandingan.


Dengan melakukan pemanasan sebelum bermain, pemain sepak bola dapat melakukan adaptasi dengan iklim yang mungkin berbeda dengan iklim dimana dia biasa bermain di daerah asalnya. Berapa lama dan berapa berat saya harus melakukan pemanasan ? Sebaiknya pemanasan dilakukan minimal 10 menit. Namun kebutuhan individu berbeda-beda dan tidak ada kepastian mengenai hal tersebut.Kondisi lingkungan seperti suhu dan kelembaban harus dimasukkan dalam perhitungan. Sebagai pedoman umum,lakukanlah pemanasan selama kurang lebih 10 hingga 20 menit dengan intensitas yang memadai sampai  mengeluarkan keringat. Keringat menandakan meningkatnya suhu otot.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter