Ad Unit (Iklan) BIG

Obat-Obatan Tradisional

Obat-obata tradisional adalah obat-obatan yang diolah secara tradisional, turun-temurun, berdasarkan resep nenek moyang, adat-istiadat, kepercayaan, atau kebiasaan setempat, baik bersifat magic maupun pengetahuan tradisional. Meskipun sarana sarana untuk meningkatkan kesehatan dengan obat-obatan modern semakin dirasakan manfaatnya. Namun minat masyarakat terhadap obat-obatan tradisional tidak menunjukkan gejala menurun. Obat tradisional merupakan bagian penting dari upaya peningkatan kesehatan masyarakat.

Obat-obatan tradisional  dikenal dengan apotik hidup , obat-obatan tradisional memang bermanfaat bagi kesehatan, dan kini digencarkan penggunaannya karena lebih mudah dijangkau masyarakat, baik harga maupun ketersediaannya. Obat tradisional pada saat ini banyak digunakan karena menurut beberapa penelitian tidak terlalu menyebabkab efek samping, karena masih bisa dicerna oleh tubuh.

Banyak keuntungan yang diperoleh dalam menggunakan ramuan tradisional, yaitu:

  1. Pada umumnya, harga ramuan tradisional lebih murah jika dibandingkan dengan obat–obatan buatan pabrik, karena bahan baku obat–obatan buatan pabrik sangat mahal dan harganya sangat tergantung pada banyak komponen.
  2. Bahan ramuan tradisional sangat mudah didapatkan di sekitar lingkungan, bahkan dapat ditanam sendiri untuk persediaan keluarga.
  3. Pengolahan ramuannya juga tidak rumit, sehingga dapat dibuat di dapur sendiri tanpa memerlukan peralatan khusus dan biaya yang besar.
  4. Tidak ada efek samping. Obat herbal adalah produk yang di temukan di alam yang biasanya berasal dari tanaman, bukan dari hasil zat kimia. 
  5. Bebas toksin. Obat kimia adalah racun. Anda tidak boleh mengkonsumsinya sembarangan. Obat herbal bebas racun sehingga aman dikonsumsi siapa pun, bahkan seringkali memberikan efek meluruhkan racun dalam tubuh (detoksifikasi). Tentu saja bebas toksin apabila di produksi dengan baik.
  6. Mudah diproduksi. Kalau kita melihat dari proses pengolahan, maka pengolahan obat herbal lebih mudah dari obat kimia. Apalagi obat herbal yang sederhana yang hanya di ambil dari alam kemudian di keringkan, ditumbuk, dan diolah secara sederhana untuk kemudian, di gunakan untuk obat. Tentu saja yang lebih baik adalah anda memilih obat herbal yang telah mengalami berbagai proses produksi terbaik. 
  7. Menghilangkan akar penyebab penyakit. Obat herbal tidak hanya berkhasiat menyembuhkan gejala penyakit, tetapi juga menghilangkannya hingga ke akar penyebabnya.
  8. Lebih Mudah di Cari. Karena obat herbal itu aman di konsumsi, maka obat herbal tersebut lebih mudah di temukan. Sedangkan kalau obat kimia, tidak bisa di temukan sembarangan, contohnya untuk obat keras harus dengan resep dokter. Jadi, daripada anda harus susah-susah ke dokter, lebih baik anda cari obat herbal.
  9. Murah. Murah di sini itu dikarenakan anda tidak harus memerlukan resep untuk obat herbal ini. 
  10. Multi-khasiat. Obat herbal alami biasanya bisa di gunakan untuk lebih dari satu jenis penyakit. Bahkan satu produk obat herbal bisa mengobati puluhan penyakit. 

Kekurangan obat tradisional:

  1. Efek farmakologinya lemah
  2. Pada obat tradisional tertentu bahan bakunya belum standar
  3. Belum di lakukan uji klinik (Pada jamu dan obat herbal terstandar)
  4. Untuk bahan yang belum di standarisasi mudah tercemar berbagai jenis mikroorganisme

Tips Memilih Obat Tradisional Alami

Meski aman di konsumsi, namun anda harus  jeli dalam memilih obat tradisional yang memang benar-benar memberikan kualitas terbaik dan yang terpenting adalah halal. Berikut adalah tips memilih obat herbal alami:

  1. Obat herbal alami harus halal. Ini penting untuk diperhatikan, kadang obat tradisional tertentu terbuat dari bahan yang tidak halal. kalau masih ada yang halal mengapa harus memilih yang tidak jelas halal dan tidaknya.
  2. Diproduksi dengan baik dan bersih. jangan yang diproduksi dengan asal-asalan.
  3. Khasiatnya terjamin.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter