Ad Unit (Iklan) BIG

Unsur-Unsur Dasar Pertahanan Dalam Permainan Bola Baket (Defensif)

Pertahanan adalah reaksi terhadap datangnya serangan dengan cara mengidentifikasi dan melakukan gerakan untuk mengantisipasi bahaya dan resiko dari serangan yang dilakukan oleh lawan. Dalam pertandingan olahraga bola basket setiap tim selalu melakukan pola pertahanan yang sekuat-kuatnya. Namun untuk membangun suatu pertahanan yang kuat perlu setiap pemain melakukan latihan-latihan dasar untuk pertahanan. etiap pemain perlu melakukan latihan unsur-unsur dasar pertahanan permainan bola baket.

Tujuan dari latihan dasar pertahanan dalam permainan bola baket adalah untuk mengajarkan sikap tepat dalam permainan bertahan. Perhatian utama terletak pada sikap perorangan. Macam-macam bentuk latihan unsur-unsur dasar dalam permainan bola basket adalah.

  1. Latihan Gerak kaki. yaitu latihan dengan cara menukar-nukar arah gerakan kaki. Misalnya ke depan, ke belakang, ke arah samping kanan dan ke samping kiri.
  2. Melatih gerakan kaki sesuai dengan situasi permainan.
  3. Latihan Mencegah terobosan yang dilakukan oleh lawan
  4. Latihan mencegah operan pendek. Latihan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya teroboan melalui operan-operan pendek.
  5. Latihan menyergap operan pendek. Yaitu belajar menyergap operan yang diarahkan pada satu dari dua pemain penyerang.
  6. Latihan daya reaksi. Yaitu latihan bagi pemain bertahan menangkap atau menepis bola yang tiba-tiba datang mendekat.
  7. Latihan Menahan dribbling. Yaitu latihan kemahiran pemain untuk menahan lawan yang melakukan dribbling sebelum lawan bisa mengambil posisi baik untuk menembak .
  8. Latihan pertahanan ketika menghadapi lawan yang lebih banyak. Yaitu latihan bertahanberusaha mengeblok dribbling, setelah itu membayangi penyerang ke dua.
Setiap pemain harus menguasai unsur-unsur pertahanan seperti terebut di atas. Penguasaan unsur-unsur pertahanan dapat meningkatkan skill individu bagi para pemain. Karena untuk memenangkan pertandingan tidak hanya dengan taktik dan strategi saja, namun harus disertai dengan skill individu yang baik para pemain.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter