Ad Unit (Iklan) BIG

Latihan Fisik Sebelum Mendaki Gunung

Latihan yang berguna untuk meningkatkan fisik pendaki gunung adalah latihan untuk memperkuat otot dan persendian. Bagian tubuh yang perlu dilatih adalah kekuatan kaki dan punggung sebagai penopang saat melakukan perjalanan mendaki gunung. Latihan sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari sebelum pendakian. Adapun berapa lama waktu latihan itu berlangsung? Itu tergantung beratnya medan yang akan di hadapi. Namun sebaiknya latihan jangan terlalu mendadak, paling tidak latihan minimal 2-4 minggu. Supaya ada peningkatan kekuatan dan ketahanan fisik yang signifikan dari latihan itu.

Latihan fisik yang dianjurkan sebelum mendaki gunung adalah:

  1. Latihan lari untuk menguatkan ketahanan dan pernpasan. Lari adalah latihan standar yang harus dilakukan. Kekuatan berlari dapat menjadin barometer kekuatan dan ketahanan fisik seseorang. Olahraga lari sangat efektif untuk meningkatkan kekuatan dan ketahanan fisik seseorang.
  2. Latihan squort jump dan latihan naik turun tangga untuk mengatkan otot kaki. Latihan kekuatan otot kaki dan otot pinggul sangat berguna untuk melatih kekuatan saat membawa tas ransel dan kekuatan kaki untuk menanjak.
  3. Latihan push up untuk menguatkan otot tangan. Kekuatan otot tangan sangat berguna terutama saat pendaki harus memanjat tebing atau harus berpegangan pada tali atau akar-akar pohon.
  4. Latihan back up untuk menguatkan otot punggung agar kuat untuk membawa ransel.
  5. Latihan pernapasan: Pernapasan yang kuat sangat dibutuhkan oleh pendaki terutama saat berada diperjalanan  menanjak diterik sinar matahari. Latihan pernapasan dapat dilakukan dengan lariu pagi, senam, renang.
  6. Latihan adaptasi dengan cuaca. Para pendaki gunung harus punya kemampuan beradaptasi dengan cuaca. Karena cuaca gunung sering kali berubah-ubah. Saat terik sinar matahari tiba-tiba berubah menjadi hujan. Dan kalau malam dinginnya luar biasa.

Yang terpenting dan harus diingat adalah jangan sampai kurang cairan. Siapkan juga cairan elektrolit. Jika butuh istirahat, dan jangan dipaksakan karena takut kehabisan cairan.

Cara Latihan fisik untuk mendaki gunuing:

  1. Tambah kekuatan!
  2. Tingkatkan durasi latihan Anda secara bertahap.
  3. Istirahat satu hari setiap minggu.
  4. Kombinasikan latihan Anda. Variasi latihan tak hanya membantu Anda mengurangi risiko cedera, tapi juga memperkuat otot-otot penstabil.


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter