Ad Unit (Iklan) BIG

Pukulan Batter Yang Ditangkap Oleh Fielder

Pukulan batter yang dapat ditangkap oleh fielder, mengakibatkan Batter out. yaitu  jika seorang pemain gagal memukul bola sebanyak tiga kali kesempatan atau di matikan oleh pemain bertahan baik dengan bola catch ataupun dengan menyentuhkan bola ke badan pemain menyerang.

Permainan soft ball dipimpin  4 wasit, dimana hanya ada satu (1) wasit  utama yang disebut dengan “chipumpire” sedangkan 3 wasit lagi yang berada di base satu (firstbase), base dua (twobase) dan base tiga (thirdbase) di sebut dengan baseumpire.

Saat memimpin pertandingan “chipumpire” atau wasit utama memberikan aba-aba kepada para pemain dengan menggunakan istilah-istilah pendek dan  seorang pemain harus juga mengetahui arti dari istilah-istilah tersebut.

Berikut ini adalah istilah-istilah yang sering digunakan dalam permainan softball ;
  1. Hit adalah sebutan untuk pukulan
  2. Home plate adalah nama tempat yang kita pijak di setiap base
  3. Home run adalah istilah yang digunakan jika kita mampu memukul bola hingga keluar melewati batas lapangan.
  4. Inning adalah penyebutan untuk setiap ronde atau babak
  5. Batter up maksudnya adalah memanggil pemain menyerang untuk mengambil posisi pemukul (batter) 
  6. On-deck maksudnya adalah untuk memanggil pemukul selanjutnya untuk bersedia pada tempat yang disediakan (on-deck) 
  7. Strike maksudnya adalah ketika seorang pitcher (pelambung) melambungkan bola dengan posisi bola bagus tetapi seorang pemukul (batter) tidak bisa memukul bola ataupun melepaskan kesempatan. Untuk seorang batter hanya di beri 3 kali kesempatan untuk strike, cara penyebutannya adalah strike one (gagal memukul satu kali), strike two (gagal memukul tiga kali) dan yang terakhir adalah batter out (tiga kali gagal memukul)
  8. Ball adalah istilah yang digunakan ketika seorang pitcher gagal melambungkan bola dengan baik. Dan ball hanya bisa di lakukan sebanyak 4 kali. 
  9. Change adalah istilah untuk pertukaran pemain dari bertahan menjadi penyerang dan dari pemain penyerang menjadi pemain bertahan.
  10. Down adalah istilah yang digunakan ketika seorang penyerang mati/gugur. 
  11. Point adalah penyebutan untuk angka yang diperoleh

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter