Ad Unit (Iklan) BIG

Pengertian Dribbling Dalam Permainan Sepak Bola

Dribbling itu bahasa Inggris. Jika dalam konteks permainan sepak bola Dribling berarti menggiring bola. Menggiring bola diartikan dengan gerakan lari menggunakan kaki mendorong bola agar bergulir terus- menerus di atas tanah. Ada beberapa tujuan menggiring bola dalam permainan sepak bola;

1. Untuk membawa bola maju ke depan menembus pertahanan lawan

2. Untuk menghindar agar bola tidak di rebut oleh lawan

3. Untuk menguasai bola sepenuhnya


Gerakan menggiring bola adalah menendang terputus-putus atau pelan-pelan, oleh karena itu bagian kaki yang dipergunakan dalam menggiring bola sama dengan bagian kaki yang dipergunakan untuk menendang bola.

Dribbling salah satu keterampilan individu yang mutlak harus dikuasai oleh setiap pemain sepakbola. Kemampuan dribbling dari para pemain sepak bola sangat menentukan penguasaan bola dilapangan, Jika ingin memenangkan pertandingan sepak bola, bola harus selalu berada dalam penguasaan kita. Maka dari itu menggiring bola harus mampu dilakukan baik baik ada lawan maupun tidak ada lawan. Bagi seorang pemain ujung tombak atau striker, kemampuan mendribbling bola sangat penting agar bola yang sedang dikuasainya tidak mudah direbut oleh lawan. Kemampuan mendribbling juga dapat digunakan untuk mencari peluang untuk melakukan shooting ke gawang lawan.

Teknik dasar dribbling dibagi beberapa bentuk. Ada dribbling menggunakan kaki bagian luar, ada dribbling dengan menggunakan kaki bagian dalam, ada pula dribbling menggunakan kaki bagian punggung kaki. Penjelasan tentang macam-macam dribbling, yaitu :

1. Dribbling dengan menggunakan sisi kaki bagian dalam

Cara melakukan adalah: Sentuhlah bola dengan sisi kaki bagian dalam dan posisikan kakimu secara tegak lurus terhadap bola. Tendanglah dengan pelan untuk mempertahankan kontrol bola dan pusatkan kekuatan tendangan pada bagian tengah bola sehingga memudakan mengontrol bola.

2. Dribbling dengan sisi kaki bagian luar

Cara melakukan adalah:
  • Berdiri posisi melangkah (kaki kanan di depan), berat tubuh bertumpu pada kaki belakang (kaki kiri) dengan lutut agak di tekuk.
  • Letakkan bola di depan depan dan kedua lengan menjaga keseimbangan.
  • Dorong bola ke depan secara perlahan menggunakan punggung kaki bagian luar.
  • Usahakan kedua kaki selalu dekat dengan bola dan sesuaikan irama langkah dengan bola.
  • Perhatikan kesalahan-kesalahan yang sering terjadi ketika menggiring bola dengan punggung kaki bagian luar, yaitu: badan kaku dan tidak tidak cindong kedepan, kedua lengan tidak rileks, slah satu atau kedua kaki terlalu jauh dengan bola, lutut tidak di tekuk, dan kaki dan bola terlalu jarang bersentuhan
3. Dribbling menggunakan kura-kura kaki

Kura kura kaki letaknya di bagian tempat tali sepatu. Bagi pemain pemula bisa berlatih dengan cara posisi badan tegak lurus ke depan tidak menyamping, sentuhlah bola dengan menggunakan punggung kaki. lakukan gerakan tersebut sama dengan melakukan latihan pada dribling dengan menggunakan sisi kaki bagian luar.

Kesalahan umum yang sering dilakukan pemula adalah menggunakan ujung jari kaki. Tindakan ini tidak hanya menyebabkan sakit pada ujung jari kaki, lebih dari itu bahkan dapat menyebabkan cedera. jika seorang melakukan tackling keras kepada pemain saat mencoba menendang bola.

Kemampuan dribbling yang sangat bagus pernah dimiliki oleh bintang lapangan Maradona menggiring bola dari tengah lapangan sektor pertahaanan kanan dengan menaklukan 6 pemain tengah dan penjaga gawang dan berhasil menciptakan gol ke gawang Inggris dalam pertandingan Piala Dunia Mexico tahun 1986. Mardona telah membuktikan bahwa menggiring bola sangat penting dikuasai oleh setiap pemain sepakbola.

Namun dari masing- masing cara menggiring bola seperti tersebut di atas semua memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Berikut ini kelebihan dan kelemahan dribbling:
  1. Kelebihan dribbling menggunakan kaki bagian luar yaitu bila menggunakan kaki kanan dapat mengecoh ke sebelah kiri lawan atau sebaliknya. Sedangkan kelemahannya adalah tidak bisa mengecoh lawan ke sebelah kanan bila menggunakan kaki kanan, begitupula sebaliknya.
  2. Kelebihan dribbling menggunakan kaki bagian dalam adalah dapat mengecoh lawan ke sebelah kanan lawan apabila menggunakan kaki kanan atau sebaliknya. Sedangkan kelemahannya adalah tidak bisa mengecoh lawan ke sebelah kiri bila menggunakan kaki kanan, begitupula sebaliknya.
  3. Kelebihan dribbling menggunakan bagian punggung kaki adalah dapat menggiring bola dengan arah lurus apabila tidak ada lawan yang menghalangi. Sedangkan kelemahannya adalah kurang efektif untuk mengecoh lawan ke sebelah kiri atau sebelah kanan.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter