Ad Unit (Iklan) BIG

SEJARAH SEPAK BOLA WANITA

Olahraga Permainan sepak bola adalah olahraga yang sudah sangat memasyarakat di seluruh dunia. Penggemarnya mulai kelas bawah sampai kelas atas. Para pecinta sepak bola tidak hanya kaum laki-laki saja, Kaum wanitapun tidak terhitung jumlah penggemarnya. Pada umumnya permainan sepak bola dimainkan oleh orang laki-laki saja, tapi sebenarnya pertandingan sepak bola yang pemainnya hanya kaum wanita pun banyak dipertandingkan. Hanya saja tidak sebanyak sepak bola laki-laki. Sekarang yang jadi pertanyaan, mulai kapan sepak bola perempuan mulai ada?

Jika kita telisik dari sejarah awal mula sepak bola, menurut sejarah sepak bola itu berasal dari Inggris. Tentu pemainnya semua laki-laki. Terus bagaimana jika permainan sepak bola itu pemainnya semuanya dari kaum wanita? Tentu menarik dong?. Menurut sejarah, Permainan sepak bola khususnya wanita sudah dimulai oleh wanita-wanita China. Tepatnya pada masa Dinasti Donghan. Pertandingan sepak bola wanita sering diadakan pada saat memperingati hari-hari besar mereka. Dalam perjalanannya Olahraga permainan sepak bola wanita ini sempat timbul dan tenggelam dari masa ke masa. Setelah berakhirnya dinasti Donghan yang kemudian digantikan oleh Dinasti Qing, Permainan sepak bola wanita dilarang, mungkin karena dinasti Qing saja yang tidak suka dengan sepak bola wanita, lantas melarangnya dengan alasan wanita tidak etis untuk melakukan olahraga sepak bola. Setelah berakhirnya Dinasti Qing, ternyata olahraga sepak bola wanita bangkit lagi di China. Ini mungkin karena para wanita China  sebenarnya menyukai olahraga sepak bola. Tapi mereka tidak berani melakukan karena Dinasti pada waktu itu melarangnya.

Mendengar sepak bola yang juga dimainkan oleh kaum wanita, Para kaum hawa di Eropa tidak mau ketinggalan. Mereka pun ikut memainkannya, berlahan sepak bola wanita di Eropa mulai berkembang. Banyak dibentuk klub-klub sepak bola wanita. Pertandingan pun juga banyak di gelar. Pada saat digelarnya pertandingan sepak bola wanita, ternyata penontonnya sangat banyak. Mereka menganggap ini adalah sesuatu yang menari. Karena sepak bola biasanya dimainkan oleh laki-laki saja, kini pemainnya terdiri dari kaum wanita. Saking banyaknya sampai penontonya mencapai ribuan orang.

Dengan fenomena tersebut pihak FA sebagai federasi sepakbola tertinggi di Inggris merespon dengan cepat. FA mengganggap sepakbola wanita akan menjadi pesaing sepakbola Pria oleh karena itu mereka membuat kebijakan. Bahwa sepakbola wanita tidak boleh dimainkan di negara Ratu Elizabeth karena beralasan sepakbola sangat tidak cocok untuk wanita. Kebijakan FA pun bagaikan angin yang segar didaerah yang tandus, kemudian beberapa negara Eropa seperti Belanda dan Jerman mengikuti jejak inggris dengan alasan yang sama. Padahal alasan mereka tak lain dan tak bukan takut menurunya pamor sepakbola laki-laki yang sudah sekian lama digandrumi oleh para pencinta olahraga sepakbola. Dengan tindakan seperti itu maka sepakbola wanita di Eropa yang merupakan barometer sepakbola wanita dunia kini meredup kembali.

Melihat perkembangan sepak bola wanita yang cukup antusias, akhirnya FIFA sebagai Federasi sepakbola Dunia mulai melirik sepakbola untuk kaum hawa tersebut, itu ditunjukan dengan diadakan kejuaran FIFA Women’s pertama pada tahun 1991 di Cina.


Berikut ini Catatan Pertandingan sepak bola wanita yang telah diselenggarakan oleh FIFA: 

1.
Piala Dunia Wanita – Cina 1991
Juara 1 : Amerika Serikat
Juara 2 : Norwegia
Juara 3 : Swedia
Juara 4 : Jerman
Piala Dunia Wanita
2.
Piala Dunia Wanita – Swedia 1995
Juara 1 : Norwegia
Juara 2 : Jerman
Juara 3 : Amerika Serikat
Juara 4 : Cina

3.
Piala Dunia Wanita – USA 1999
Juara 1 : Amerika Serikat
Juara 2 : Cina
Juara 3 : Brazil
Juara 4 : Norwegia

4.
Piala Dunia Wanita – USA 2003
Juara 1 : Jerman
Juara 2 : Swedia
Juara 3 : Amerika Serikat
Juara 4 : Kanada

5.
Piala Dunia Wanita – Cina 2007
Juara 1 : Jerman
Juara 2 : Brazil
Juara 3 : Amerika Serikat
Juara 4 : Norwegia

6.
Piala Dunia Wanita – Jerman 2011
Juara 1 : Jepang
Juara 2 : Amerika Serikat
Juara 3 : Swedia
Juara 4 : Francis


Dari 6 kejuaraan sepak bola yang pernah  diadakan FIFA,  tim Sepak bola Wanita Amerika Serikat dan Jerman menjadi tim yang sering juara yaitu  masing-masing 2 kali, sementara Jepang dan Norwegia sama-sama 1 kali pernah juara, untuk edisi ke-7 akan dilaksanakan pada tahun 2015. 

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter