Ad Unit (Iklan) BIG

12 Tips Merawat Kesehatan Mata Agar Selalu Sehat Sampai Usia Senja

Mata ibaratnya jendela bagi jiwa dan raga seseorang. Kita dapat mengenali semua yang ada di sekeliling kita dengan menggunakan mata. Dengan mata, kita dapat melihat indahnya dunia. Mata adalah organ terpenting dalam tubuh manusia yang merupakan anugrah dari Tuhan yang tak ternilai harganya. Kita wajib mensyukurinya. Salah satu wujud syukur kita kepada Sang Pencipta adalah dengan menjaga dan memelihara kesehatan mata kita agar selalu sehat dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Ada beberapa penyebab gangguan yang terjadi pada mata. Penyebab itu dapat berasa dari luar atau disebut juga sebab eksternal dan ada yang berasal adari dalam atau sebab internal. Penyebab yang dating dari luar tubuh misalnya dari kuman-kuman atau bibit penyakit yang dapat menyebabkan penyakit mata seperti mata merah karena tertular oleh orang lain. Sedangkan penyebab yang datangnya dari dalam diri sendiri misalnya mata minus karena keturunan atau karena kebiasaan membaca yang kurang sehat seperti membaca dengan jarak terlalu dekat, atau membaca dengan pencahayaan yang kurang.

Berikut ini beberapa cara menjaga kesehatan mata yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari:
  1. Jangan membaca buku dengan jarak terlalu dekat. Membaca buku dengan jarak terlalu dekat dapat menyebabkan gangguan mata yaitu mata minus, miopi atau rabun dekat. Jarak ideal membaca buku adalah kurang lebih 30 cm. 
  2. Jangan membaca buku sambil tiduran. Membaca buku sambil tiduran dapat menyebabkan Miopi dan mata minus.
  3. Membaca buku dengan pencahayaan yang cukup. Penerangan yang terlalu redup saat membaca buku dapat menganggu kesehatan mata.
  4. Istirahatkan Mata saat merasa sudah lelah. Ini sering terjadi saat berada di depan laptop/computer, terlalu lama membaca buku, atau bekerja. Mata juga perlu istirahat untuk memulihkan kondisi agar energy mata pulih kembali.
  5. Jangan Kucek Mata. Mengkucek mata biasanya terjadi ketika mata sedang capek atau kemasukan benda asing. Kebiasaan mengkucek mata dapat mengakibatkan mata iritasi. Jangan mengkucek mata ketika tangan dalam keadaan kotor atau habis memegang sesuatu benda. Karena tangan yang kotor dapat menginfeksi organ mata yang akan berakibat sangat buruk untuk kesehatan mata anda.
  6. Kedipkan Mata. Idealnya mata berkedip 12 kali setiap menit. Tujuan mata berkedip adalah untuk memberikan oksigen pada mata. 
  7. Makan banyak buah-buahan dan sayuran yang banyak mengandung vitamin A. Mialnya sayur wortel yang banyak mengandung vitamin A yang bagus untuk memelihara kesehatan mata. 
  8. Pakailah kacamata di saat yang tepat. Pastikan untuk memakai kacamata atau memakai pelindung mata lainnya ketika bekerja di sekitar bahan kimia atau tempat dengan partikulat udara yang berbahaya. Kacamata juga dapat melindungi mata dari sinar ultraviolet yang berbahaya bagi kesehatan mata
  9. Hindari memakai lensa kontak selama lebih dari 19 jam. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan mata permanen serta ketidaknyamanan pada mata Anda. Jangan pula memakai kacamata terlalu lama.
  10. Jangan langsung melihat cahaya yang terlalu terang. Jangan langsung melihat cahaya yang terlalu terang. Jangan fokuskan mata Anda pada sinar matahari, karena dapat merusak mata Anda.
  11. Gunakan mentimun untuk pemeliharaan kesehatan mata. Cara penggunaanya adalah taruh irisan mentimun yang dingin dan lembut di atas kelopak mata selama 10 menit sebelum tidur di malam hari untuk mencegah bengkak.
  12. Melatih mata dan membuatnya untuk bersantai. Cobalah memfokuskan mata pada suatu obyek yang dekat dengan Anda, sebuah obyek yang agak jauh. Ulangi proses ini beberapa kali.Duduklah, tempatkan siku di pinggul, tutup mata dan tutup mata dengan telapak tangan Anda. Jauhkan telapak tangan yang menutupi mata Anda selama 10 detik. Buka mata Anda dan ulangi seperlunya.
Biasanya gangguan pada mata terjadi pada saat usia seseorang sudah 40 tahun. Gangguan itu kebanyakan akibat dari kebiasaan yang di bawa sejak muda, misalnya suka membaca buku dengan tiduran, berada di depan computer terlalu lama, dan atau suka memasang lensa kontak pada mata lebih dari tiga hari.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter