Ad Unit (Iklan) BIG

Pengertian Olahraga Panjat Tebing

Panjat tebing adalah kegiatan di mana peserta naik ke atas, bawah  pada formasi batuan alam atau dinding batu buatan. Tujuannya adalah untuk mencapai puncak formasi atau titik akhir dari rute pemanjatan. biasanya ketentuan panjat tebing ditentukan sebelum disebelum panjat tebing dimulai. Dalam kompetisi Panjat tebing profesional memiliki tujuan menyelesaikan rute dalam waktu yang palingh singkat atau tercepat  mencapai titik  rute yang telah ditentukan. Rute yang dilalui semakin lama semakin sulit. Dalam olahraga panjat tebing dominasi kekuatan yang digunakan adalah kekuatan tangan.

Olahraga panjat tebing sangat membutuhkan kekuatan dan daya tahan tubuh. Medan yang terjal mulai dari kemiringan 45 derajat sampai 90 derajat, bahkan pada medan tertentu peserta harus bergelantungan. Sehingga dalam olahraga panjat tebing ini diperlukan alat pengaman yang memadai untuk menghindari kecelakaan.

Panjat tebing adalah olahraga fisik dan menuntut mental, salah satu yang harus disiapkan oleh peserta adalah kekuatan, ketahanan, kelincahan dan keseimbangan serta kontrol mental. Ini bisa menjadi kegiatan yang berbahaya jika peserta tidak menggunakan peralatan khusus untuk pengaman. Peserta juga harus mengetahui teknik-teknik yang ada dalam panjat tebing agar dapat menyelesaikan rute dengan baik.


Karena berbagai macam dan berbagai formasi batuan di seluruh dunia, panjat tebing telah dipisahkan menjadi beberapa gaya yang berbeda dan sub-disiplin ilmu. 

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter