Ad Unit (Iklan) BIG

Tujuan Variasi Latihan Dalam Bola Basket

Makin sering latihan makin  cepat bisa. Namun terlalu sering latihan juga dapat menyebabkan bosan. Apa lagi jika yang dilakukan setiap hari tetap seperti yang kemarin, hal itu menyebabkan seseorang menjadi cepat bosan. Agar latihan tidak membosankan maka perlu adanya variasi. Model latihan perlu diubah-ubah agar peserta tidak jenuh, namun tujuan tetap tercapai.

Tujuan latihan permainan bola basket adalah untuk mempersiapkan diri meraih puncak prestasi yang paling baik. Latihan yang baik adalah latihan yang direncanakan sebelumnya. Namun kadang kita merasa bosan dengan latihan bola basket yang kita lakukan. Latihan yang terlalu monoton dan selalu itu-itu saja membuat peserta latihan merasa jenuh dan tidak bersemangat. Agar latihan dapat membangkitkan motivasi peserta, maka perlu adanya variasi.

Variasi latihan bola basket adalah bentuk perubahan latihan dalam proses kegiatannya yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi latihan bola basket serta mengurangi kejenuhan dan kebosanan. Metode dan materi/isi latihannya tidak selalu sama di setiap latihan  tapi tetap untuk satu tujuan yaitu pengembangan teknik dan pengembangan kemampuan bola basket. Bagi guru-guru olahraga di sekolah variasi latihan ini sangat penting. Dengan  latihan yang bervariasi siswa menjadi tidak bosan, selalu antusias, tekun, dan penuh partisipasi.

Variasi Latihan adalah latihan yang metode-metode dan materi/isi latihannya tidak selalu sama di setiap pertemuannya tapi tetap untuk satu tujuan pengembangan teknik, yang tujuannya agar siswa/peserta latihan tidak jenuh atau bosan dan malah tertarik pada latihan yang kita buat karena bervariasinya latihan kita tersebut.

Penting buat para pelatih untuk memberikan sebuah variasi latihan yang baik dan mengena kepada para pemain usia dini dan amatir. Menjadi hal yang sangat penting bagi pemain agar tidak merasakan jenuh karena materi latihan dari pelatih kurang bervariasi.


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter