Ad Unit (Iklan) BIG

Tujuan Variasi Latihan Dalam Olahraga

Jika dilihat dari  tujuan melakukan olahraga adalah untuk mengembangkan kesehatan dan kebugaran jasmani. Bagi atlet olahraga tujuan latihan adalah untuk mempersiapkan diri mencapai puncak prestasi yang terbaik. Latihan itu merupakan proses yang direncanakan secara teratur untuk meraih prestasi yang terbaik.

Namun kadang kita merasa bosan dengan olahraga yang kita lakukan jika olahraganya selalu itu-itu saja. Agar kita tidak merasa bosan dengan olahraga yang kita lakukan sebaiknya kita mengadakan variasi latihan dengan tujuan agar kita tidak jenuh dan bosan dan bahkan malah tertarik dengan latihan yang kita buat.

Variasi latihan olahraga adalah bentuk perubahan latihan dalam proses kegiatannya yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi berolahraga serta mengurangi kejenuhan dan kebosanan. Metode dan materi/isi latihannya tidak selalu sama di setiap latihan  tapi tetap untuk satu tujuan yaitu pengembangan teknik dan pengembangan kebugaran jasmani. Bagi guru-guru olahraga di sekolah variasi latihan ini sangat penting. Dengan  olahraga yang bervariasi siswa menjadi tidak bosan, selalu antusias, tekun, dan penuh partisipasi.

Variasi Latihan adalah latihan yang metode-metode dan materi/isi latihannya tidak selalu sama di setiap pertemuannya tapi tetap untuk satu tujuan pengembangan teknik, yang tujuannya agar siswa/peserta latihan tidak jenuh atau bosan dan malah tertarik pada latihan yang kita buat karena bervariasinya latihan kita tersebut.

Manfaat variasi latihan dalam olahraga bagi para siswa di sekolah antara lain:
  1. Variasi latihan dapat meningkatkan perhatian siswa terhadap materi yang disampaikan
  2. Dengan variasi latihan para siswa menjadi tidak bosan mengikuti pelajaran olahraga karena ada sesuatu hal yang baru
  3. Memberikan kesempatan kepada para siswa untuk memperoleh cara menerima pelajaran yang disenangi
  4. Variasi latihan olahraga dapat merangsang penyesuaian pada respon latihan, dapat menurunkan kemonotonan atau kebosanan  latihan dan dapat merangsang adaptasi fisiologi

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter