Ad Unit (Iklan) BIG

Latihan Kebugaran Jasmani

Kebugaran mempunyai hubungan yang erat dengan kesehatan. Kesehatan disini yang dimaksud adalah kesehatan secara menyeluruh, yaitu sehat jasmani, mental dan sosial. Apakah kebugaran jasmani itu? Kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang untuk melakukan aktivitas keseharian tanpa mengalami kelelahan yang berarti dan masih punya sisa cadangan tenaga untuk melakukan aktivitas yang lain.

Kebugaran jasmani sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Untuk menjaga dan mengembangkan kebugaran jasmani seseorang perlu adanya usaha peningkatan kesehatan. Usaha-usaha itu dapat dilakukan dengan melakukan latihan kebugaran jasmani secara teratur. Banyak jenis usaha yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kebugaran jasmani dapat melalui olahraga senam pagi, jogging, latihan olahraga aerobic,  olahraga lari, olahraga peregangan, latihan keseimbangan, dan lain sebagainya.

Bentuk-bentuk latihan kebugaran jasmani antara lain:

1. Senam kesegaran jasmani. Senam adalah rangkaian gerakan yang disusun secara sitematis dan berkesinambungan dengan tujuan untuk mengembangkan dan menjaga kesegaran jasmani. Senam dapat dilakukan sendiri di rumah, di kantor, dan di rumah-rumah fitness. Lebih mudah jika senam dilakukan secara berkelompok satu minggu satu kali. Misalnya hari Jumat atau sabtu pagi.

2. Lari pagi. adalah olahraga lari yang dilakukan pada pagi hari. Olahraga lari dapat dilakukan seminggu dua kali sampai lima kali. waktu olahraga dipagi hari sebaiknya antara jam 5 pagi sapai sebelum jam 10 siang. Lari sangat bagus untuk melancarkan peredaran darah dan melatih pernapasan, dan melatih ketahanan tubuh.

3. Latihan peregangan.
Latihan peregangan sering digunakan dalam pemanasan sebelum berolahraga. Namun peregangan juga dapat dimanfaatkan untuk latihan kebugaran jasmani. Gerakan peregangan dapat melatih kelentukan tubuh. Lakukan olahraga peregangan seminggu 3 - 5 kali selama 15 menit setiap kali latihan.

Apapun jenis latihan kebugaran yang dilakukan , Latihan sebaiknya memenuhi pengembangan unsur-unsur kebugaran jasmani yang meliputi pengembangan kelentukan, keseimbangan, kekuatan, ketahanan, kelincahan, dan kecepatan.

Persiapan Latihan Kebugaran Jasmani:

Sebelum melakukan latihan kebugaran jasmani, sebaiknya anda melakukan persiapan. Persiapan latihan kebugaran jasmani antara lain:

  1. Dua jam sebelum latihan kita harus sudah makan
  2. Tidur harus cukup
  3. Setiap latihan memakaipakain olahraga
Waktu Latihan Kebugaran Jasmani:

Waktu latihan kebugaran jasmani yang paling tepat yaitu:
  1. Latihan pagi sebelum jam 10.00
  2. Latihan sore setelah jam 15.00
  3. Jangan melakukan latihan pada suhu udara yang tinggi
  4. Jangan melakukan latihan pada waktu mendekati akan tidur
  5. Tiga jam sebelum tidur latihan harus sudah selesai
Lama Latihan Kebugaran Jasmani:

Lama latihan yang bermanfaat untuk mengembangkan kebugaran jasmani adalah selama 15 sampai 30 menit.

Frekwensi Latihan

Latihan yang dapat mengembangkan kebugaran jasmani secara efektif yaitu antara 3 hari sampai 5 hari dalam satu minggu.

Intensitas Latihan Kebugaran Jasmani

Tingkat intensitas latihan kebugaran jasmani seseorang berbeda-beda menurut usia. Intensitas latihan kebugaran jasmani dapat anda lihat pada tabel di bawah ini:



Usia
Intensitas Latihan Menurut Denyut Nadi Permenit


15
143 Sampai 174
16
143 Sampai 174
17
143 Sampai 174
18
143 Sampai 174
19
143 Sampai 174
20
143 Sampai 174
21
143 Sampai 174
22
143 Sampai 174
23
143 Sampai 174
25
143 Sampai 174
30
143 Sampai 174



Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter