Ad Unit (Iklan) BIG

Variasi Latihan Bola Voly Apabila Bolanya Sedikit

Latihan passing bola voly idealnya satu bola untuk 2 anak. Namun bagaimana jika jumlah bolanya hanya sedikit tapi pesertanya banyak. Menghadapi permasalahan seperti ini harus pandai-pandai membuat variasi latihan agar semua peserta dapat ikut berlatih tanpa ada yang tidak kebagian bola. Variasi latihan bola voly yang dapat digunakan antara lain:

1. Latihan passing satu bola untuk 6 anak

cara melakukan adalah 6 anak di bagi menjadi dua banjar 3 anak- 3 anak  berdiri saling berhadapan dengan jarak sekitar tiga meter . Lakukan latihan passing bawah secara bergantian tanpa terjatuh. Latihan ini bertujuan untuk melatih ketepatan passing.

2. Variasi Latihan Passing Rotasi Berpasangan

Latihan Passing Rotasi Berpasangan setiap kelompok minimal 4 orang saling berhadapan dengan jarak tiga meter melakukan passing bawah dan atas secara bergantian (rotasi) tanpa terjatuh. Setiap anak yang sudah melakukan passing langsung melakukan rotasi dengan lari ke arah baris paling belakang kelompoknya sampai tiba gilirannya kembali melakukan passing. Variasi latihan passing bola voly dengan sistem rotasi berpasangan seperti ini adalah untuk  melatih ketepatan, feeling ball ,kerjasama dan daya tahan.

3. Variasi Latihan Passing Rotasi Ke Arah Larinya Bola

Latihan passing rotasi ke arah larinya bola setiap pasangan minimal 4 orang saling berhadapan dengan jarak sekitar 3 meter melakukan passing bawah /atas secara bergantian (rotasi). Cara latihan ini mirip dengan passing rotasi berpasangan. Perbedaannya terletak pada cara melakukan rotasi. Setiap anak yang sudah melakukan passing langsung lari mengikuti arah bola dan antri berada di kelompok yang berada di depannya dengan mengambil posisi paling belakang. Begitu juga anggota kelompok yang satunya juga melakukan rotasi mengikuti arah laju bola. Rotasi berlangsung secara sistematis sesuai arah passing. Latihan seperti ini dapat melatih kerjasama yang baik pada saat permainan  bola voly berlangsung. Latihan ini melatih ketepatan, feeling ball, koordinasi, daya tahan dan kerjasama.

Latihan passing permainan bola voly adalah dasar untuk latihan yang selanjutnya. Kemampuan passing yang baik menjadi modal utama untuk pengembangan ketrampilan yang lain seperti ketrampilan smash, blocking dan kemampuan mengumpan bola.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter